PTK SD 226 = Pd 919: Upaya Meingkatkan Motivasi Belajar PKn Materi Hidup Rukun Melalui Model Pembelajaran Pengungkapan Nilai (VCT) Dan Metode Simulasi Pada Siswa Kelas 1 Semester 1 SD XXX Tahun 2012/2013
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar PKn melalui
model pembelajaran pengungkapan nilai (VCT) dan metode simulasi. Subyek
penelitiannya adalah guru dan siswa kelas 1 SD XXX. Bentuk penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tehnik pengumpulan data digunakan
melalui observasi, tes dan dokumentasi. Tehnik uji validitas data
menggunakanmetode trianggulasi yaitu trianggulasi sumber dan waktu. Tehnik
analisis data menggunakan tehnik analisis interaktif yang terdiri dari tiga
komponen yaitu: Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan.
Prosedur Penelitian meliputi tahap: Identifikasi Masalah, Persiapan, Penyusunan
Rencana Tindakan, Implementasi Tindakan, Pengamatan dan Penyusunan Rencana.
Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus / putaran, yang masing-masing siklus
terdiri empat tahap, yakni: perencanaan (planning), tindakan (acting),
observasi (observation), refleksi (reflecting) dan evaluasi (evaluation).
Sumber data diperoleh dari guru / observer (tentang motivasi belajar siswa
melalui instrumen lembar observer). Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Dapat dilihat dari
perolehan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn yang meningkat dari
siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentasi hasil motivasi 67% (14 siswa
termotivasi). Pada siklus II sebesar 80%
(17 siswa cukup termotivasi). Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan Tehnik Pengungkapan Nilai
(VCT) dan metode simulasi dapat meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran
PKn Materi hidup rukun.
Kata Kunci : Motivasi belajar, Tehnik Pengungkapan
Nilai (VCT), simulasi
DAFTAR PUSTAKA
Andayani. 2007. Pemantapan
Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto,
Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Kurikulum
Pendidikan Dasar, Garis-garis Besar Program Pengajaran (GBPP). Jakarta:
Depdikbud.
Dimyati dan
Mudjiono. 1999. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djahiri AR. 1993. Laporan Kelompok Bidang Studi Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta : Universitas Terbuka.
Fatimah,
Siti. 2010. “Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran PKn Di Kelas IV SDN Kemiri Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan”
(Skripsi S1 PGSD Program Studi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra
Sekolah. Malang: FKIP Universitas Negeri Malang.
Hamalik,
Oemar. 2007. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan
Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartini, Sri. 2011. Evaluasi
Pembelajaran. Surakarta: PGSD FKIP UMS.
Kaelan, M.s. 2007. Pendidikan
Kewarganegaraan Yogyakarta: Paradigma.
Lestari, Hera, et all. 2002. Pendidikan
Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Martinis Yamin. 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP.
Jakarta: Gaung Persada Press.
Maryadi, dkk. 2010. Pedoman
Penulisan Skripsi. FKIP. Surakarta: BP. FKIP UMS.
Moedjiono & Moch. Dimyati. 1999.
Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
Depdikbud.
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Bandung : PT.
Remaja Rosdakarya.
Nasution S..
2004, Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Poerwadarminta.
W.J.S. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Jakarta: Balai Pustaka.
Purwanto
Ngalim, 2002, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Ronald, Hyman, 1970. Ways of
Teaching. Philadelphia: JB. Lippincott Company.
Rubiyanto,
Rubino dan Saring Marsudi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Ke SD an dan Karya Tulis Ilmiah. Surakarta: PGSD
FKIP UMS.
Rubiyanto,
Rubino. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: PGSD FKIP UMS.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar
Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Persada Media.
Sardiman.
2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka
Cipta.
Sudjana,
Nana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif
dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV. Sinar Baru.
Sugiyono. Statistika untuk
Penelitian. Bandung. CV Alfabeta.
Sumantri, Mulyani, dkk. 2001. Perkembangan
Peserta Didik. Jakarta. Universitas Terbuka.
Suwandi, Joko. 2011. Penelitian
Tindakan Kelas. Qinant PSKGJ FKIP
UMS.
________.
2003. Media Pengajaran. Bandung:
Sinar Baru Algresindo.
Syaiful Bahri Djamarah & Zain.
2002. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Tim Pengembang PGSD. 1998. Strategi
Belajar Mengajar II. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat
Jenderal Pendidikan Tinggi Bagian.
Wahab, Aziz
dkk. 2007. Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan (PPKn). Jakarta:
Universitas Terbuka.
Wahab, Aziz. 1997. Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru
Sekolah Dasar.
Winataputra, Udin S. dkk. 2007. Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta.
Universitas Terbuka. o
http//h4dyme.wordpress.com/2010/05/17/hakekat-fungsi-tujuan-pendidikan
kewarganegaraan- di-sd
http//arini.wodpres.com/2011/01/30tujuan-ruanglingkup-matapelajaran
pendidikan-kewarganegaraan-sd-mi
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar