Jumat, 01 Januari 2016

PTK SD 226 = Pd 919: Upaya Meingkatkan Motivasi Belajar PKn Materi Hidup Rukun Melalui Model Pembelajaran Pengungkapan Nilai (VCT) Dan Metode Simulasi Pada Siswa Kelas 1 Semester 1 SD XXX Tahun 2012/2013

 PTK SD 226 = Pd 919: Upaya Meingkatkan Motivasi Belajar PKn Materi Hidup Rukun Melalui Model Pembelajaran Pengungkapan Nilai (VCT) Dan Metode Simulasi Pada Siswa Kelas 1 Semester 1 SD XXX Tahun 2012/2013






ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar PKn melalui model pembelajaran pengungkapan nilai (VCT) dan metode simulasi. Subyek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas 1 SD XXX. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tehnik pengumpulan data digunakan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Tehnik uji validitas data menggunakanmetode trianggulasi yaitu trianggulasi sumber dan waktu. Tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu: Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Prosedur Penelitian meliputi tahap: Identifikasi Masalah, Persiapan, Penyusunan Rencana Tindakan, Implementasi Tindakan, Pengamatan dan Penyusunan Rencana. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus / putaran, yang masing-masing siklus terdiri empat tahap, yakni: perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observation), refleksi (reflecting) dan evaluasi (evaluation). Sumber data diperoleh dari guru / observer (tentang motivasi belajar siswa melalui instrumen lembar observer). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Dapat dilihat dari perolehan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentasi hasil motivasi 67% (14 siswa termotivasi). Pada siklus II sebesar  80% (17 siswa cukup termotivasi). Hal ini membuktikan bahwa  dengan penerapan Tehnik Pengungkapan Nilai (VCT) dan metode simulasi dapat meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran PKn Materi hidup rukun.
Kata Kunci : Motivasi belajar, Tehnik Pengungkapan Nilai (VCT), simulasi



DAFTAR PUSTAKA



Andayani. 2007. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar, Garis-garis Besar Program Pengajaran (GBPP). Jakarta: Depdikbud.
Dimyati dan Mudjiono. 1999.  Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djahiri AR. 1993. Laporan Kelompok Bidang Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta : Universitas Terbuka.
Fatimah, Siti. 2010. “Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas IV SDN Kemiri Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan” (Skripsi S1 PGSD Program Studi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah. Malang: FKIP Universitas Negeri Malang.
Hamalik, Oemar. 2007. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartini, Sri. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Surakarta: PGSD FKIP UMS.
Kaelan, M.s. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan Yogyakarta: Paradigma.
Lestari, Hera, et all. 2002. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Martinis Yamin. 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.
Maryadi, dkk. 2010. Pedoman Penulisan Skripsi. FKIP. Surakarta: BP. FKIP UMS.
Moedjiono & Moch. Dimyati. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.
Mulyasa, E. 2009.  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung :                          PT. Remaja  Rosdakarya.
Nasution S.. 2004, Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Poerwadarminta. W.J.S. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Purwanto Ngalim, 2002, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ronald, Hyman, 1970. Ways of Teaching. Philadelphia: JB. Lippincott Company.
Rubiyanto, Rubino dan Saring Marsudi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Ke SD an  dan Karya Tulis Ilmiah. Surakarta: PGSD FKIP UMS.
Rubiyanto, Rubino. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: PGSD FKIP UMS.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Persada Media.
Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV. Sinar Baru.
Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Bandung. CV Alfabeta.
Sumantri, Mulyani, dkk. 2001. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta. Universitas Terbuka.
Suwandi, Joko. 2011. Penelitian Tindakan Kelas.  Qinant PSKGJ FKIP UMS.
________. 2003. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algresindo.
Syaiful Bahri Djamarah & Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Tim Pengembang PGSD. 1998. Strategi Belajar Mengajar II. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Bagian.
Wahab, Aziz dkk. 2007. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jakarta: Universitas Terbuka.
Wahab, Aziz. 1997. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Winataputra, Udin S. dkk. 2007. Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta. Universitas Terbuka. o
http//h4dyme.wordpress.com/2010/05/17/hakekat-fungsi-tujuan-pendidikan kewarganegaraan- di-sd
http//arini.wodpres.com/2011/01/30tujuan-ruanglingkup-matapelajaran pendidikan-kewarganegaraan-sd-mi



Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar