Jumat, 01 Januari 2016

Pd 915 = PTK SD 222 : Peningkatan Antusias Belajar Membaca Permulaan Melalui Alat Peraga Gambar Pada Siswa Kelas II SD XXX Tahun 2012/2013

 Pd 915 = PTK SD 222 : Peningkatan Antusias Belajar Membaca Permulaan Melalui Alat Peraga Gambar Pada Siswa Kelas II SD XXX Tahun 2012/2013





ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Antusias Belajar Siswa Dalam Membaca Permulaan menggunakan media alat peraga gambar. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri XXX yang berjumlah 15 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik uji validitas data menggunakan analisis komperaktif dan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan antusias belajar siswa dalam membaca permulaan melalui media alat peraga gambar. Adapun peningkatan antusias  pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam membaca permulaan yang meningkat dalam antusias belajar sebesar 67% atau 10 Siswa  dan pada siklus II sebesar 87% atau 13 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan media alat peraga gambar mampu meningkatkan antusias  membaca permulaan siswa.
Kata kunci : Antusias, belajar membaca permulaan, media alat peraga gambar





DAFTAR PUSTAKA
BP-FKIP UMS, 2010 Pedoman Penulisan Sripsi FKIP, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nasution, S. (1996: 17). Pengertian Prestasi Belajar, Jakarta: Gramedia.
Nurhadi. 1987. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru.
Rahadi, Anston. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.
Sudjana, Nana. 1989. Dasar – dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV. Sinar Baru.
Sudjana, Nana. 2000. Media Gambar. Bandung: CV. Sinar Baru.
Suwandi, Joko, (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Tampubolon. 1990. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efesien. Bandung: Angkasa.
Winkel (1996:162). Pengertian Prestasi Belajar, Jakarta: Gramedia.



Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar