Pd 915 = PTK SD 222 : Peningkatan Antusias Belajar Membaca Permulaan Melalui Alat Peraga Gambar Pada Siswa Kelas II SD XXX Tahun 2012/2013
ABSTRAK
Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan Antusias Belajar Siswa Dalam Membaca Permulaan
menggunakan media alat peraga gambar.
Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri XXX yang berjumlah
15 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang
digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan.
Teknik uji validitas data menggunakan analisis komperaktif dan teknik analisis
interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu : reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap identifikasi
masalah, persiapan, penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan
dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu :
perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan antusias belajar siswa dalam membaca permulaan melalui media alat peraga gambar. Adapun
peningkatan antusias pembelajaran dapat
dilihat dari perolehan nilai siswa dalam membaca permulaan yang meningkat dalam
antusias belajar sebesar 67% atau 10 Siswa
dan pada siklus II sebesar 87% atau 13 siswa. Hal ini membuktikan bahwa
dengan penerapan media alat peraga gambar
mampu meningkatkan antusias membaca
permulaan siswa.
Kata kunci : Antusias, belajar membaca permulaan,
media alat peraga gambar
DAFTAR
PUSTAKA
BP-FKIP UMS, 2010 Pedoman Penulisan
Sripsi FKIP, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nasution, S. (1996: 17). Pengertian
Prestasi Belajar, Jakarta: Gramedia.
Nurhadi. 1987. Membaca Cepat dan
Efektif. Bandung: Sinar Baru.
Rahadi, Anston. 2003. Media
Pembelajaran. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.
Sudjana, Nana. 1989. Dasar – dasar
Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV. Sinar Baru.
Sudjana, Nana. 2000. Media Gambar.
Bandung: CV. Sinar Baru.
Suwandi, Joko, (2011). Penelitian
Tindakan Kelas. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Tampubolon. 1990. Kemampuan Membaca
Teknik Membaca Efektif dan Efesien. Bandung: Angkasa.
Winkel (1996:162). Pengertian Prestasi Belajar, Jakarta:
Gramedia.
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar