Jumat, 01 Januari 2016

PTK SD 225 = Pd 918 : Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Metode Diskusi Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SD XXX Tahun 2012/2013

 PTK SD 225 = Pd 918 : Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Metode Diskusi Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SD XXX Tahun 2012/2013





ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui metode diskusi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD XXX yang berjumlah 27 siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara,  observasi,  dokumentasi  dan tes. Teknik  uji  validitas  data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis dan komponen interaktif yang terdiri dari 3 komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Prosedur penilaian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, tindakan, pengamatan dan penyusunan rencana. Proses penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing- masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam pembelajaran IPS yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS sebesar 48,14 % dan pada siklus II sebesar 92,59 %.
Kata Kunci : Peningkatan motivasi belajar siswa, metode diskusi





DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, Abu. 1978. Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Grafindo Persada.
Handoko, Martin. 1992. Motivasi Belajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Joko, Santoso dan Surtikanti. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: BP FKIP UMS.
Mudjiono dan Dimyanti. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Purwadarminto, W.J.S. 1982. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka.
Sanusi, Acmad. 1998. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Gramedia.
Slamet. 1997. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gramedia.
Sardiman. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suryobroto. 1999. Metode Pembelajaran. Bandung: Remaja Grafindo Persada.
Zain dan Djamarah. 2002. Motivasi Pembelajaran. Bandung: Jearnsmars.



Untuk Mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar