PTK SD 225 = Pd 918 : Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Metode Diskusi Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SD XXX Tahun 2012/2013
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui metode diskusi. Subyek penelitian adalah guru
dan
siswa kelas IV SD XXX yang
berjumlah 27 siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa
dan
guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui
wawancara, observasi,
dokumentasi dan
tes. Teknik uji validitas
data menggunakan bentuk trianggulasi sumber
dan
trianggulasi waktu. Teknik analisis data
menggunakan teknik analisis dan komponen interaktif yang terdiri dari 3 komponen yaitu
reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Prosedur penilaian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, tindakan, pengamatan dan
penyusunan
rencana. Proses penelitian
dilaksanakan
dalam
2 siklus, masing- masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan
refleksi.
Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan
motivasi belajar siswa
dalam pembelajaran IPS. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat
dilihat dari perolehan nilai siswa dalam pembelajaran IPS yang
meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS
sebesar 48,14 % dan
pada siklus II sebesar 92,59 %.
Kata
Kunci
: Peningkatan motivasi belajar siswa, metode diskusi
DAFTAR
PUSTAKA
Ahmadi,
Abu. 1978. Metode Belajar dan Kesulitan
Belajar. Bandung:
Tarsito.
Dalyono.
2005. Psikologi Pendidikan. Bandung:
Remaja Grafindo Persada.
Handoko,
Martin. 1992. Motivasi Belajar. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Joko, Santoso dan Surtikanti. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta:
BP FKIP UMS.
Mudjiono dan Dimyanti. 1999. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta:
Universitas
Terbuka.
Purwadarminto,
W.J.S. 1982. Kamus
Besar Bahasa Indonesia.
Jakarta:
Balai
Pustaka.
Sanusi, Acmad. 1998. Konsep Dasar IPS.
Jakarta: Gramedia.
Slamet.
1997. Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta: Gramedia.
Sardiman. 2001. Psikologi Pendidikan.
Jakarta:
Bumi
Aksara.
Suryobroto. 1999. Metode Pembelajaran. Bandung: Remaja Grafindo
Persada.
Zain dan Djamarah.
2002.
Motivasi
Pembelajaran. Bandung:
Jearnsmars.
Untuk Mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar