Kamis, 10 Maret 2016

KODE PTK SD 309 = Pd 1171 : Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Alat Peraga Uang Dalam Pokok Bahasan Uang Siswa Kelas II MI XXX Tahun Pelajaran 2004/2005

KODE PTK SD 309 = Pd 1171 : Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Alat Peraga Uang Dalam Pokok Bahasan Uang Siswa Kelas II MI XXX Tahun Pelajaran 2004/2005




ABSTRAK


Di   mas sekarang   ini   banya orang   beranggapa mater pelajaran matematika   memiliki   tingka kesulita yang   lebi tingg dibanding   materi pelajaran non eksak. Oleh karena itu tenaga pendidik perlu mencari ide baru guna meningkatkan mutu pembelajaran yang berkualitas. MI XXX adalah sebuah sekolah  tingkat  dasar  yang  dipandang  sebelah  mata  oleh  masyarakat,  mereka beranggapan  bahwa  guru  dikalangan  MI  kurang  profesional.  Untuk  mengurangi kekurangan tersebut, maka peneliti yang sekarang sebagai pengajar MI XXX melakukan analisa kesulitan belajar matematika melalui penelitian tindakan kelas. Pada  penelitian  tindakan  kelas  kali  ini  peneliti  mencoba pada sub  pokok bahasan uang. Karena melihat fenomena bahwa siswa MI XXX kelas II masih merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal pokok bahasan uang, serta masih rendahnya  nilai-nilai  yang  siswa  dapatkan,  kesulitan  tersebut  disebabkan  kurang pahamnya    siswa    terhadap  materaritmatika  sosial.    Peneliti  mencoba menyelesaika masala tersebut   melalui   pembelajara denga bantua alat peraga.  Dalam  hal  ini  penelitian  tindakan  kelas  mengambil  judul  meningkatkan hasil  belajar  siswa  melalui  alat  peraga  uang  dalam  pokok  bahasan  uang  siswa kelas II MI XXX tahun pelajaran 2004/2005 
 Menurut Jean Piaget anak usia 7-8 tahun berada dalam tahap operasional konkret. Siswa kelas II MI XXX rata-rata berusia 7-8 tahun. Sarana yang  paling  tepat  untuk  menyajikan  konsep  abstrak  matematika  dalam  bentuk konkre adala denga penggunaa ala perag uang   dala pembelajaran. Berdasarkan  kajian  teori,  pemikiran  dan  pertimbangan  penggunaan  alat  peraga uang  diyakini  mampu  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  kelas  II  MXXX pada pokok bahasan uang. Sebagai  indikator  keberhasilan  penelitian,  adalah  apabila  nilai  rata-rata kelas  ³ 6,5  dan  banyak  siswa yang mendapat  nilai  ³ 6,5  sekurang-kurangnya 80 %  serta  rata-rata  keaktifan  siswa  berada  pada  kategori  sangat  baik  ( ³ 80  %). Adapun  indikator  penelitian  ini  adalah  hasil  belajar  siswa  serta  keaktifan  siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan uang
 Setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam 3 siklus  diperoleh  hasil  sebagai  berikut.  Siklus  I  dengan  materi  menghitung  nilai sekelompok  mata  uang  dengan  jumlah  nilai  sampai  dengan  1.000  rupiah  yaitu nilai rata-rata kelas 7,39, siswa yang mendapat nilai  ³ 6,5 sebanyak 72,22 %, rata- rata keaktifan siswa berada pada kategori baik 65,08 %. Siklus II dengan materi mengenal nilai tukar mata uang rupiah yaitu nilai rata-rata kelas 8,11, siswa yang mendapat  nila ³ 6,5  sebanyak  77,8  %,  rata-rata  keaktifan  siswa  berada  pada kategori  baik  72,22  %.  Siklus  III dengan  materi  bermain  belanja dengan  jumlah uang  sampai  dengan  1.000  rupiah  yaitu  nilai  rata-rata  kelas  8,56,  siswa  yang mendapat  nila ³ 6,5  sebanyak  88,9  %,  rata-rata  keaktifan  siswa  berada  pada kategori  baik 80,95 %. Dengan demikian indikator keberhasilan yang ditetapkan dapat tercapai. 
Dari  data  hasil  penelitian  tersebut  dapat  disimpulkan  bahwa  penggunaan alat  peraga  ternyata  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  kelas  II MI XXX  pada  pokok  bahasan  uang.  Saran  yang  dapat  disampaikan  berkaitan  dengan  simpulan  tersebut  adalah  model  pembelajaran  pada  pokok bahasan  uang  di  kelas  II  dengan  penggunaan  alat  peraga  uang  adalah  sebagai salah  satu  alternatif  model  pembelajaran,  kerena  terbukti  dapat  meningkatkan hasil belajar.



DAFTAR PUSTAKA
Bobbi   DePorter Mar Readrdon,   da Sara Singer-Nourie 1999.Quantum
Teaching. Bandung : Kaifa.
Darhim,  1993/1994.  Work  Shop  Matematika.  Jakarta  :  Departemen  Pendidikan da Kebudayaa Direktora Jendera Pendidika Dasa dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III
Dinas   Pendidikan,  2003.  Progam  Pembelajaran  Matematika  Untuk  Kelas  2
Sekolah Dasar. Salatiga : Pemerintah Kota Salatiga.
Isti  Hidayah  dan  Sugiarto,  2002.  Workshop  I.  Semarang  :  Jurusan  Matematika
FMIPA UNNES.
Moh.   Uze Usma da Lilis   Setiawati,1993.   Upay Optimalisas Kegiatan
Belajar Mengajar ( Bahan Kajian PKG, MGBS, MGMP). Bandung
: PT REMAJA ROSDAKARYA
Nashar,   2004.   Perana Motivas da Kemampua Awa dala Kegiatan
Pembelajaran. Jakarta : Delia Press
Oemar Hamalik, 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara. Rochman Natawidjaja, 1979. Alat Peraga dan Komunikasi Pendidikan. Jakarta Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga.
Tim   Redaks Kamus   Besa Bahas Indonesia 2002.   Kamus   Besar   Bahasa
Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.





Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar