KODE PTK SD 312 : Implementasi Pendekatan Ketrampilan Proses Dalam Meningkatkan Kreatifitas Siswa SD (PTK di Kelas V SD XXX )
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas yang dilakukan di kelas V SD XXX, dengan jumlah objek penelitian
20 siswa. Masalah penelitian ini aalah rendahnya kreatifitas siswa dalam
pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas siswa
melalui penerapan penilaian keterampilan proses pada pelajaran IPA pokok bahasan
sifat-sifat cahaya dan
pemanfaatannya.
Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus
tindakan yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleki.
Hasil
penelitian menunjukkan hasil pengamatan
aktivitas siswa dalam proses membuat hasta karya siklus satu rata-rata 2,1
berarti masuk kategori sedang, siklus dua rata-rata 2,61 termasuk kategori
baik, dan siklus tiga 3,73 masuk kategori sangat baik, sedangkan rata-rata
keseluruhan hasil pengamatan proses membuat hasta karya adalah 2,8 termasuk kategori
baik. Dari ketiga siklus tersebut selalu terjadinya kenaikan kemampuan siswa
dalam membuat hasta karya yaitu membuat periskop, kalediosko, dan lup.
Kreatifitas tersebut terlihat ketika siswa membuat hasta karya mulai dari
menyiapkan bahan, merangkai bahan dan tahap
Hasil tindakan berupa tes formatif tiap siklus menunjukkan siklus satu rata-rata
7,55 dengan prosentase ketuntasan 70 %, siklus dua rata-rata 8,85 dan
prosentase ketuntasan 85,5, sedangkan siklus tiga rata-rata 9,4 dengan
prosentase ketuntasan 87,5 sedangkan rata-rata seluruh tes formatif adalah 8.
Dari uraian pembahasan hasil tindakan di
atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses
dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam membuat hasta karya. Kemampuan yang
dapat dilihat dengan pendekatan keterampilan proses antara lain: proses kreatif
siswa, kemampuan memecahkan masalah, kreatifitas, dan kedisiplinan siswa.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto,
Suharsimi (et.al), 2006 .Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara,
Cohen,
Louis dan Lawrence Manion.1994, Research Method in Education, New York:
Routledge,
Iriyanti, Puji, 2004 .Penilaian Unjuk Kerja,
Jakarta: Depdiknas
Indrawati. (1999). Model-model
Pembelajaran IPA. Bandung: Pusat Pengembangan Penataran Guru IPA.
Nitko A.J.,
(1995). Education Assessment of Student (2nd ed). Englowood Cliffs. NJ :
Merrill.
Madya,
Suwarsih (2006), Teori dan Praktik, Penelitian Tindakan, Bandung: Alfabeta
Semiawan,
Conny dan Made Putrawan, (2004). Dimensi Kreatif dalam Filsafat Ilmu,
Bandung: Rosdakarya.
--------------------------,
(1997), Perspektif Pendidikan Anak
Berbakat, Jakarta: Grasindo
Syah, Muhibbin,
(1995), Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung : Remaja
Rosdakarya.
Syaodih, Nana,
(1995). Pengembangan Kurikulum. Bandung : Remaja Karya.
Sagala, Saeful,
(2004). Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung : Alfabeta.
Steven E. Tobies
dkk., (2001). Cara Efektif Mengasuh anak Dengan EQ. Bandung : Kaifa.
Usman. Uzer.
(1999). Menjadi Guru Profesional.
Bandung : Remaja Karya.
Undang-Undang
Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Jakarta : Tamita Utama.
Widyaningtiyas, Vdasari,
Peranan Guru dalam Menerapkan Penilaian Keterampilan
Proses dalam Pembelajaran ( http:www.educare.jurnal.html, 2006)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar