Selasa, 15 Maret 2016

KODE PTK SD 312 : Implementasi Pendekatan Ketrampilan Proses Dalam Meningkatkan Kreatifitas Siswa SD (PTK di Kelas V SD XXX )

 KODE PTK SD 312 : Implementasi Pendekatan Ketrampilan Proses Dalam Meningkatkan Kreatifitas Siswa SD (PTK di Kelas V SD XXX )



ABSTRAK


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V SD XXX, dengan jumlah objek penelitian 20 siswa. Masalah penelitian ini aalah rendahnya kreatifitas siswa dalam pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas siswa melalui penerapan penilaian keterampilan proses pada pelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya dan pemanfaatannya.
Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus tindakan yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleki.
 Hasil penelitian menunjukkan  hasil pengamatan aktivitas siswa dalam proses membuat hasta karya siklus satu rata-rata 2,1 berarti masuk kategori sedang, siklus dua rata-rata 2,61 termasuk kategori baik, dan siklus tiga 3,73 masuk kategori sangat baik, sedangkan rata-rata keseluruhan hasil pengamatan proses membuat hasta karya adalah 2,8 termasuk kategori baik. Dari ketiga siklus tersebut selalu terjadinya kenaikan kemampuan siswa dalam membuat hasta karya yaitu membuat periskop, kalediosko, dan lup. Kreatifitas tersebut terlihat ketika siswa membuat hasta karya mulai dari menyiapkan bahan, merangkai bahan dan tahap
Hasil tindakan berupa tes formatif  tiap siklus menunjukkan siklus satu rata-rata 7,55 dengan prosentase ketuntasan 70 %, siklus dua rata-rata 8,85 dan prosentase ketuntasan 85,5, sedangkan siklus tiga rata-rata 9,4 dengan prosentase ketuntasan 87,5 sedangkan rata-rata seluruh tes formatif adalah 8.
Dari uraian pembahasan hasil tindakan di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam membuat hasta karya. Kemampuan yang dapat dilihat dengan pendekatan keterampilan proses antara lain: proses kreatif siswa, kemampuan memecahkan masalah, kreatifitas, dan kedisiplinan siswa.


DAFTAR PUSTAKA



Arikunto, Suharsimi (et.al), 2006 .Penelitian Tindakan Kelas,  Jakarta : Bumi Aksara,
Cohen, Louis dan Lawrence Manion.1994, Research Method in Education, New York: Routledge,
Iriyanti,  Puji, 2004 .Penilaian Unjuk Kerja, Jakarta: Depdiknas
Indrawati. (1999). Model-model Pembelajaran IPA. Bandung: Pusat Pengembangan Penataran Guru IPA.
Nitko A.J., (1995). Education Assessment of Student (2nd ed). Englowood Cliffs. NJ : Merrill.
Madya, Suwarsih (2006), Teori dan Praktik, Penelitian Tindakan,  Bandung: Alfabeta
Semiawan, Conny dan Made Putrawan, (2004). Dimensi Kreatif dalam Filsafat Ilmu, Bandung: Rosdakarya.
--------------------------, (1997), Perspektif Pendidikan Anak Berbakat, Jakarta: Grasindo
Syah, Muhibbin, (1995), Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Syaodih, Nana, (1995). Pengembangan Kurikulum. Bandung : Remaja Karya.
Sagala, Saeful, (2004). Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung : Alfabeta.
Steven E. Tobies dkk., (2001). Cara Efektif Mengasuh anak Dengan EQ. Bandung : Kaifa.
Usman. Uzer. (1999). Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Karya.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Jakarta : Tamita Utama.
Widyaningtiyas, Vdasari, Peranan Guru dalam Menerapkan Penilaian Keterampilan Proses dalam Pembelajaran ( http:www.educare.jurnal.html, 2006)




Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar