KODE PTK SD 311 : Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Pendekatan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hayati Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar di Kelas IV SD XXX
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam pendidikan formal, IPA diajarkan sejak di
tingkat sekolah dasar, yang memberikan
pemahaman bahwa betapa pentingnya mempelajari IPA.dikatakan IPA memegang peranan penting dalam kehidupan
sehari-hari. suatu kenyataan yang tidak dapat dipungkiri
Dalam hubungannya dengan pembahasan di muka,
dapat dikatakan bahwa hasil belajar IPA
di sekolah dasar masih dapat
ditingkatkan. ada beberapa faktor yang diduga mempunyai korelasi positif
terhadap peningkatan hasil belajar IPA, yaitu kurikulum,media, guru dan proses
belajar mengajar dari faktor-faktor tersebut, proses belajar mengajar merupakan
faktor yang cukup penting, karena dalam proses belajar mengajar terjadi
interaksi antara guru dengan siswa. dalam pembelajaran diperlukan kesesuaian
anatara pengalaman guru dengan siswa
Dari hasil observasi dan wawancara pendahuluan
pada SD XXX, terungkap pembelajaran IPA pada umumnya
masih dominan menggunakan metode ceramah dan penugasan yang terkesan kaku dan
dogmatis sehingga kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi
dengan benda-benda konkrit. siswa kurang diberi kesempatan untuk melakukan observasi,
penyelidikan, memahami, eksperimen konsep-konsep IPA melalui pengalaman
nyata sementara dari kajian awal
terhadap guru dan siswa di sekolah dasar terungkap bahwa,guru kesulitan
mengajarkan pelajaran IPA pada umumnya sehubungan dengan hal tersebut diatas ,
karena siswa adalah pembelajar , maka
guru sebagai pengelola pembelajaran di kelas harus memperhatikan apa yang
menjadi kebutuhan siswa, hal ini perlu dilakukan agar para siswa memperoleh
kepuasan belajar dengan penuh gairah yang dapat membangkitkan antusias serta
termotivasinya siswa dalam menuangkan semua ide yang terkait dengan mata
pelajaran yang diberikan, khususnya mata pelajaran IPA sehingga kegiatan
pembelajaran yang dilaksanakan akan memunculkan kreatifitas tinggi yang pada
akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. adapun pengemasan metode
pembelajaran yang disarankan adalah melalui pemanfaatan lingkungan .
pemanfaatan lingkungan adalah suatu pendekatan dalam proses pembelajaran dimana
anak belajar dengan melalui kegiatan mengalami sendiri dalam lingkungan yang
alami. anak tidak menghapal seperangkat fakta-fakta dan konsep yang siap
diterima akan tetapi anak dirangsang untuk trampil mengembangkan sendiri
fakta-fakta dan konsep.
Untuk mewujudkan pelaksanaan kegitan belajar
mengajar pada siswa perlu dilakukan
secara sitematis dengan memperhatikan beberapa hal antara lain, taraf perkembangan siswa, waktu, tempat, alat
peraga, dan metode yang digunakan karena guru tidak mampu memberikan semua
pengetahuan kepada siswa. siswa harus dikembangkan kreativitas dan aktifitasnya baik fisik maupun mentalnya. dengan dasar itu
, pembelajaran harus dikemas menjadi proses perangsang agar potensi yang telah
dimiliki siswa menjadi berkembang . dalam proses pembelajaran , siswa membangun
sendiri pengetahuan mereka melalui keterlibatan aktif dalam proses belajar dan
mengajar
B.
Identifikasi area dan focus penelitian
1. Apakah guru memiliki
pengalaman yang cukup dalam pembelajaran IPA?
2. Apakah guru telah
menyajikan materi dengan baik dalam pembelajaran IPA?
3.
Apakah guru menggunakan media dan alat yang
sesuai dalam pembelajaran IPA?
4.
Apakah guru sudah mengelola kelas dengan baik dalam pembelajaran IPA?
5.
Apakah guru sudah memberikan motivasi dalam pembelajaran IPA?
6.
Apakah guru sudah menggunakan metode yang tepat dalam pembelajaran IPA?
7.
Apakah guru sudah menggunakan lingkungan sekitar
sebagai sumber belajar dalam
pembelajaran IPA?
C. Pembatasan dan perumusan
Berdasarkan latar belakang dan identifikasi area dan focus penelitian diatas
maka , Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah upaya peningkatan hasil
belajar saian di kelas IV Sekolah dasar dengan pemanfaatan
lingkungan
Sedangkan masalahnya dapat dirumuskan: “ Apakah melalui pemanfaatan
lingkungan dapat meningkatkan hasil
belajar IPA siswa kelas IV SD XXX ?
D. Tujuan Penelitian
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar IPA Kelas IV, sedangkan secara khusus penelitian ini
bertujuan:
1. Mengaplikasikan pemanfaatan
lingkungan dalam pembelajaran IPA kelas IV
2. Meningkatkan hasil
belajar IPA pada materi mengenal tumbuh-tumbuhan
E. Manfaat
Hasil Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan
kontribusi tang bersifat praktis dalam upaya meningkatkan kualitas hasil
belajar siswa .Juga memberikan pengalaman kepada siswa bahwa belajar IPA itu
menyenangkan. Dengan demikian akan menumbuhkan minat dan motivasi untuk belajar
IPA. Bagi guru, penelitian ini akan bermanfaat antara lain:
1. Meningkatkan kualitas ketrampilan dalam
mengelola pembelajaran IPA
2. Sebagai model bagi guru yang mempunyai
masalah sama atau mirip dengan permasalahan dalam PTK ini
3. Guru, dapat memanfaatkan lingkungan
sekitar dalam menyajikan pemnbelajaran IPA
sehingga lebih menarik
DAFTAR PUSTAKA
Abror,Abd. Rachman .1993. Psikologi
Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana
Alwasilah,Chaedar. 2000. Perspektif
Pendidikan bahasa Inggris di Indonesia dalam Konteks Persaighan Global.
Bandung: Andira
Aly, Abdullah dan Rahma, Eny 1992, Ilmu
Alamiah Dasar. Purbalingga: Bumi Aksara
Anggraeni,
Anggie. 2000. Emotional Intellegence dalam Meningkatkan Efektivitas Kerja.
Purbalingga: Rineka Karya.
Aqib, Zainal. 2001. Profesionalisme guru dalam pembelajaran.. Surabaya : Insan Cendekia.
Arikunto,
Suharsini. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Purbalingga
: Rineka Karya.
Atmodiwiro, Soebagio. 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia,
Ardadizya Jaya
Bahaudin,
Taufik. 2000. Brainware Management, Generasi kelima Manajemen Manusia. Purbalingga:
PT. Elex Komputindo.
Darmodjo, Hendro dan Kaligis,Jenny R.E. 1993, Pendidikan
IPA II,Purbalingga: Depdikbud dirjen dikti Proyek Pembinaan Tenaga
Kependidikan
Depdikbud RI, 1994, Kurikulum Pendidikan Dasar, Purbalingga:
depdikbud
Dimyati dan Mudjiono, 2001, Belajar
dan Pembelajaran, Purbalingga: Rineka Cipta
Dirdjosoenmitro,Soendjoyo,
1991, Pendidikan IPA I, Purbalingga : Depdikbud PPTK Perguruan Tinggi
Ganjar, Achmad dan Arief,Anisyah ,1999, Pedoman Pembinaan Pendidikan Kependudukan
dan Lingkungan Hidup di Sekolah, Purbalingga: Depdiknas
Hamalik, Oemar. 1990. Kurukulum
dan Pembelajaran . Purbalingga: Bumi aksara
Hilgard & Bower,
1975,Terjemahan dalam Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan.Bandung:
Remaja Rosda Karya
Hopkins, D.(1993). A Teacher”s Guide to
Classroom. Bostomn: Allyn & Bacon
Iskandar, Srini. M. 1997,Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Purbalingga:
depdikbud RI
Jasin, Maksoen, 1988, Ilmu Alamiah
Dasar,Surabaya: Bina Ilmu
kkkk makalah Konsep dasar Dan
karakteristik Penelitian Tindakan Kelas
Komang, Dewa
.dkk, 2009. Konsep Dasar dan Karakteristik PTK. Purbalingga : Dirjen
Dikti Departemen Dikdnas
Kurikulum
2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran IPA. Purbalingga: Departemen
Pendidikan Nasional.
Kurikulum, 2004, Standar
Kompetensi Mata Pelajaran IPA. Purbalingga: Departemen Pendidikan Nasional
Mulyono,
Anton. M. dkk, 1995, Kamus Besar bahasa
indonesia Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Purbalingga: Balai Pustaka
Natawijaya, Rochman dan
Moesa,H.a. Moein, 1992,Psikologi
Pendidikan, Purbalingga: depdikbud dirjen dikti Proyek Pembinaan Tenaga
Kependidikan.
Nawawi, Hadari 1981. Pengaruh Hubungan
Manusiawi di kalangan Murid terhadap Prestasi Belajar di Sekolah.Yogyakarta.
IKIP Yogyakarta
Sudono, Anggani, 2000, Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini,Purbalingga:
Grasindo
Suherman, H. Eman dkk,
2003, Strategi Pembeljaran Matematika
Kontenporer, Bandung: UPI.
Sujana, Nana, 1998,Tori-teori dan
Pembelajaran,Purbalingga: Universitas Indonesia.
---------------,
2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru Algensindo
Sumaji, dkk, 1998,Pendidikan IPA yang Humanis, Yogyakarta:
Kanisius
Suparno,A.
Suhaenah.1999. Pemanfaatan dan
Pengembangan Sumber Belajar Pendidikan dasar, Purbalingga: Depdikbud Dirjen
Dikti
Surahmad, Winarno, 1980,Pengantar
Penelitian Ilmiah,Bandung:Tarasito
-----------------------, 1979.Metodologi
Pengajaran Nnasional. Purbalingga:Jemmers
Suryabrata. Sumadi .....Psikologi Pendidikan,Purbalingga: PT Raja
Grafindo Persada
Zulela dkk.
2005. Kosep dasar dan karakteristik Penelitian Tindakan Kelas.Purbalingga:
Universitas Negeri Purbalingga
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar