Selasa, 15 Maret 2016

KODE PTK SD 311 : Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Pendekatan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hayati Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar di Kelas IV SD XXX

 KODE PTK SD 311 : Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Pendekatan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hayati Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar di Kelas IV SD XXX




BAB  I
PENDAHULUAN
  A.    Latar Belakang
Dalam pendidikan formal, IPA diajarkan sejak di tingkat sekolah dasar, yang  memberikan pemahaman bahwa betapa pentingnya mempelajari IPA.dikatakan  IPA memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. suatu kenyataan yang tidak dapat dipungkiri
Dalam hubungannya dengan pembahasan di muka, dapat dikatakan bahwa hasil belajar IPA  di sekolah dasar  masih dapat ditingkatkan. ada beberapa faktor yang diduga mempunyai korelasi positif terhadap peningkatan hasil belajar IPA, yaitu kurikulum,media, guru dan proses belajar mengajar dari faktor-faktor tersebut, proses belajar mengajar merupakan faktor yang cukup penting, karena dalam proses belajar mengajar terjadi interaksi antara guru dengan siswa. dalam pembelajaran diperlukan kesesuaian anatara pengalaman guru dengan siswa
Dari hasil observasi dan wawancara pendahuluan pada SD XXX, terungkap pembelajaran IPA pada umumnya masih dominan menggunakan metode ceramah dan penugasan yang terkesan kaku dan dogmatis sehingga kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan benda-benda konkrit. siswa kurang diberi kesempatan untuk melakukan observasi, penyelidikan, memahami, eksperimen konsep-konsep IPA melalui pengalaman nyata  sementara dari kajian awal terhadap guru dan siswa di sekolah dasar terungkap bahwa,guru kesulitan mengajarkan pelajaran IPA pada umumnya sehubungan dengan hal tersebut diatas , karena siswa adalah pembelajar  , maka guru sebagai pengelola pembelajaran di kelas harus memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan siswa, hal ini perlu dilakukan agar para siswa memperoleh kepuasan belajar dengan penuh gairah yang dapat membangkitkan antusias serta termotivasinya siswa dalam menuangkan semua ide yang terkait dengan mata pelajaran yang diberikan, khususnya mata pelajaran IPA sehingga kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan akan memunculkan kreatifitas tinggi yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. adapun pengemasan metode pembelajaran yang disarankan adalah melalui pemanfaatan lingkungan . pemanfaatan lingkungan adalah suatu pendekatan dalam proses pembelajaran dimana anak belajar dengan melalui kegiatan mengalami sendiri dalam lingkungan yang alami. anak tidak menghapal seperangkat fakta-fakta dan konsep yang siap diterima akan tetapi anak dirangsang untuk trampil mengembangkan sendiri fakta-fakta dan konsep.
Untuk  mewujudkan pelaksanaan kegitan belajar mengajar  pada siswa perlu dilakukan secara sitematis dengan memperhatikan beberapa hal antara lain,  taraf perkembangan siswa, waktu, tempat, alat peraga, dan metode yang digunakan karena guru tidak mampu memberikan semua pengetahuan kepada siswa. siswa harus dikembangkan  kreativitas dan aktifitasnya  baik fisik maupun mentalnya. dengan dasar itu , pembelajaran harus dikemas menjadi proses perangsang agar potensi yang telah dimiliki siswa menjadi berkembang . dalam proses pembelajaran , siswa membangun sendiri pengetahuan mereka melalui keterlibatan aktif dalam proses belajar dan mengajar
B.      Identifikasi  area dan focus penelitian
1.      Apakah guru memiliki pengalaman yang cukup dalam pembelajaran IPA?
2.      Apakah guru telah menyajikan materi dengan baik dalam pembelajaran IPA?
3.      Apakah guru menggunakan media dan alat yang sesuai  dalam pembelajaran IPA?
4.      Apakah guru sudah mengelola kelas dengan baik  dalam pembelajaran IPA?
5.      Apakah guru sudah memberikan motivasi  dalam pembelajaran IPA?
6.      Apakah guru sudah menggunakan metode yang tepat  dalam pembelajaran IPA?
7.      Apakah guru sudah menggunakan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar  dalam pembelajaran IPA?
C.    Pembatasan dan perumusan
Berdasarkan latar belakang dan identifikasi area dan focus penelitian diatas maka , Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah upaya peningkatan hasil belajar saian di kelas IV Sekolah dasar dengan pemanfaatan lingkungan
Sedangkan  masalahnya dapat dirumuskan:Apakah melalui pemanfaatan lingkungan  dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD XXX ?
D.    Tujuan Penelitian
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA Kelas IV, sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan:
1.      Mengaplikasikan pemanfaatan lingkungan dalam pembelajaran IPA kelas IV
2.      Meningkatkan hasil belajar IPA pada materi mengenal tumbuh-tumbuhan
E.     Manfaat  Hasil Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi tang bersifat praktis dalam upaya meningkatkan kualitas hasil belajar siswa .Juga memberikan pengalaman kepada siswa bahwa belajar IPA itu menyenangkan. Dengan demikian akan menumbuhkan minat dan motivasi untuk belajar IPA. Bagi guru, penelitian ini akan bermanfaat antara lain:
1.      Meningkatkan kualitas ketrampilan dalam mengelola pembelajaran IPA
2.      Sebagai model bagi guru yang mempunyai masalah sama atau mirip dengan permasalahan dalam PTK ini
3.      Guru, dapat memanfaatkan lingkungan sekitar dalam menyajikan pemnbelajaran IPA  sehingga lebih menarik



DAFTAR PUSTAKA



Abror,Abd. Rachman .1993. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana
Alwasilah,Chaedar. 2000. Perspektif Pendidikan bahasa Inggris di Indonesia dalam Konteks Persaighan Global. Bandung: Andira
Aly, Abdullah dan Rahma, Eny 1992, Ilmu Alamiah Dasar. Purbalingga: Bumi Aksara
Anggraeni, Anggie. 2000. Emotional Intellegence dalam Meningkatkan Efektivitas Kerja. Purbalingga: Rineka Karya.
Aqib, Zainal. 2001. Profesionalisme guru dalam pembelajaran..  Surabaya : Insan Cendekia.
Arikunto, Suharsini. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Purbalingga : Rineka Karya.
Atmodiwiro, Soebagio. 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia, Ardadizya Jaya
Bahaudin, Taufik. 2000. Brainware Management, Generasi kelima Manajemen Manusia. Purbalingga: PT. Elex Komputindo.
Darmodjo, Hendro  dan Kaligis,Jenny R.E. 1993,  Pendidikan IPA II,Purbalingga: Depdikbud dirjen dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan
Depdikbud RI, 1994, Kurikulum Pendidikan Dasar, Purbalingga: depdikbud
Dimyati dan Mudjiono, 2001, Belajar dan Pembelajaran, Purbalingga: Rineka Cipta
Dirdjosoenmitro,Soendjoyo, 1991,  Pendidikan IPA I, Purbalingga : Depdikbud PPTK Perguruan Tinggi
Ganjar, Achmad dan Arief,Anisyah ,1999, Pedoman Pembinaan Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup di Sekolah, Purbalingga: Depdiknas
Hamalik, Oemar. 1990. Kurukulum dan Pembelajaran . Purbalingga: Bumi aksara
Hilgard & Bower, 1975,Terjemahan dalam Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan.Bandung: Remaja Rosda Karya
Hopkins, D.(1993). A Teacher”s Guide to Classroom. Bostomn: Allyn & Bacon
Iskandar, Srini. M. 1997,Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Purbalingga: depdikbud RI
Jasin, Maksoen, 1988, Ilmu Alamiah Dasar,Surabaya: Bina Ilmu
kkkk makalah Konsep dasar Dan karakteristik Penelitian Tindakan Kelas
Komang, Dewa .dkk, 2009. Konsep Dasar dan Karakteristik PTK. Purbalingga : Dirjen Dikti Departemen    Dikdnas
Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran IPA. Purbalingga: Departemen Pendidikan Nasional.
Kurikulum, 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran IPA. Purbalingga: Departemen Pendidikan Nasional
Mulyono, Anton. M. dkk, 1995, Kamus Besar bahasa indonesia Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Purbalingga: Balai Pustaka
Natawijaya, Rochman dan Moesa,H.a. Moein, 1992,Psikologi Pendidikan, Purbalingga: depdikbud dirjen dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Nawawi, Hadari 1981. Pengaruh Hubungan Manusiawi di kalangan Murid terhadap Prestasi Belajar di Sekolah.Yogyakarta. IKIP Yogyakarta
Sudono, Anggani, 2000, Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini,Purbalingga: Grasindo
Suherman, H. Eman dkk, 2003, Strategi Pembeljaran Matematika Kontenporer, Bandung: UPI.
Sujana, Nana, 1998,Tori-teori dan Pembelajaran,Purbalingga: Universitas Indonesia.
---------------, 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru Algensindo
Sumaji, dkk,   1998,Pendidikan IPA yang Humanis, Yogyakarta: Kanisius
Suparno,A. Suhaenah.1999. Pemanfaatan dan Pengembangan Sumber Belajar Pendidikan dasar, Purbalingga: Depdikbud Dirjen Dikti
Surahmad, Winarno,  1980,Pengantar Penelitian Ilmiah,Bandung:Tarasito
-----------------------, 1979.Metodologi Pengajaran Nnasional. Purbalingga:Jemmers
Suryabrata. Sumadi .....Psikologi Pendidikan,Purbalingga: PT Raja Grafindo Persada
Zulela dkk. 2005. Kosep dasar dan karakteristik Penelitian Tindakan Kelas.Purbalingga: Universitas Negeri Purbalingga




Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar