KODE PTK SD 307 : Penerapan Metode Kooperatif Model (GI) Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD XXX Pada Mata Pelajaran Matematika Tahun 2004/2005
ABSTRAK
Matematika
merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui
proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai
akibat logis dari kebenaran sebelumnya sudah diterima, sehingga keterkaitan
antar konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas. Dalam
pembelajaran matematika agar mudah dimengerti oleh siswa, proses penalaran
deduktif untuk menguatkan pemahaman yang sudah dimiliki oleh siswa. Tujuan
pembelajaran matematika adalah melatih cara berfikir secara sistematis, logis,
kritis, kreatif dan konsisten.
Penelitian ini
berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa
dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Group Investigation ?
(b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Group
Investigation terhadap motivasi belajar
siswa?
Sedangkan tujuan
dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa
setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Group Investigation .
(b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode
pembelajaran kooperatif model Group Investigation .
Penelitian
ini menggunakan penelitian tindakan (action
research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap
yaitu: perencanaan, pelaksanaan, obserpasi, dan refleksi. Sasaran penelitian
ini adalah siswa kelas IV SD XXX. Data yang diperoleh
berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari
hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari
siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,00%), siklus II (75,00%),
siklus III (85,00%).
Kesimpulan
dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Group Investigation dapat berpengaruh positif terhadap motivasi
belajar Siswa Kelas IV SD XXX, serta model
pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran
matematika.
DAFTAR PUSTAKA
Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.
Arikunto,
Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar
Secara Manusiawi. Jakarta: Rineksa Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta: Rineksa Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Combs.
Arthur. W. 1984. The Profesional
Education of Teachers. Allin and Bacon, Inc. Boston.
Dahar,
R.W. 1989. Teori-teori Belajar.
Jakarta: Erlangga.
Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan, 1994. Petunjuk
Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Balai Pustaka.
Djamarah,
Syaiful Bahri. 2000. Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Felder,
Richard M. 1994. Cooperative Learning in
Technical Corse, (online), (Pcll\d\My % Document\Coop % 20 Report.
Hadi,
Sutrisno. 1981. Metodogi Research.
Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Yoyakarta.
Hamalik,
Oemar. 1994. Media Pendidikan.
Bandung: Citra Aditya Bakti.
Hasibuan.
J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar
Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hudoyo,
H. 1990. Strategi Belajar Mengajar
Matematika. Malang: IKIP Malang.
KBBI. 1996. Edisi Kedua. Jakarta: Balai
Pustaka.
Kemmis,
S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action
Research Planner. Victoria Dearcin University Press.
Margono,
S. 1996. Metodologi Penelitian
Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta.
Mursell,
James ( - ). Succesfull Teaching (terjemahan).
Bandung: Jemmars.
Ngalim, Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Nur,
Muhammad. 1996. Pembelajaran Kooperatif.
Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
Purwanto,
N. 1988. Prinsip-prinsip dan Teknis
Evaluasi Pengajaran. Bandung. Remaja Rosda Karya.
Rustiyah,
N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Bina Aksara.
Sardiman,
A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar
Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Soekamto,
Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model
Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Soetomo.
1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar
Mengajar. Surabaya Usaha Nasional.
Sudjana,
N dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan
Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Surakhmad, Winarno. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung:
Jemmars.
Syah,
Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan,
Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman,
Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahyuni,
Dwi. 2001. Studi Tentang Pembelajaran
Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika. Malang: Program Sarjana
Universitas Negeri Malang.
Wetherington.
H.C. and W.H. Walt. Burton. 1986. Teknik-teknik
Belajar dan Mengajar. (terjemahan) Bandung: Jemmars.
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/sms ke HP 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar