KODE PTK SMA 102 = Pd 772 : Efektivitas Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri xxx Tahun Ajaran 2006/2007
ABSTRAK
Dalam melakukan
proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode
mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil
belajar biologi siswa dengan pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas XI
semester 2 SMA Negeri XXX tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 4 kelas
yaitu kelas XI IPA 1-XI IPA 4 yang homogen. Sampel yang diambil dalam
penelitian ini yaitu kelas XI IPA 4. Data hasil belajar diambil dengan
menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan,
dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif,
yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai
siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Sebelum
tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,24 dan rata-rata siklus
I meningkat menjadi 5,38, rata-rata siklus II meningkat menjadi 6,53 dan rata-rata
siklus III meningkat menjadi 7,55. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan
bahwa peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,28 point atau 28%.
Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan tutor sebaya
meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri XXX
tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0,28 point atau 28%. Penerapan metode tutor
sebaya memberikan manfaat bagi peningkatan pemahaman siswa dalam kualitas
pembelajaran, misalnya : keberanian siswa untuk bertanya atau menyampaikan
ide/pendapat meningkat, siswa terpusat pada pembelajaran, dan nilai hasil
belajar meningkat.
Kata kunci: metode tutor
sebaya, hasil belajar biologi siswa.
DAFTAR PUSTAKA
Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar.
Jakarta: Rineka Cipta.
Anonim. 2004. Kurikulum 2004 Pedoman Khusus Pengembangan Silabus SMA
Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Depdikbud.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka
Cipta.
Gino. 1996. Belajar dan Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.
Hisyam Zaini. 2002. Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi.
Yogyakarta: CTSD.
Kartawijaya. 1995. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Nana Sudjana. 1996. Metode Statistika. Edisi ke 6. Bandung:
Transito.
___________. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.
Bandung:Sinar Baru.
Nasution. 1995. Dikdakktik Asas-asas Mengajar.Jakarta: Bumi
Aksara.
Ngalim Purwanto. 1988. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi
Pengajaran. Bandung: Remaja Karya.
_______________. 1996. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Nurdin Ibrahim. 1998. Pemahaman Tutorial Audio Interaktif Untuk
Pemerataan Kualitas Hasil Belajar (Suatu Kajian). Jurnal Pendidikan. No 44.
september. Pusat Data dan Informasi Pendidikan. Balitbang. Depdiknas.
Oemar Hamalik. 1993. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar.
Bandung: Tarsito.
____________. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina
Aksara.
Sardiman. 2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar-Mengajar. Bandung:
Raja Grafindo Persada.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.
Jakarta: Rajawali.
Soekartawi. 1995. Meningkatkan Efektivitas Mengajar. Jakarta:
Pustaka Jaya.
Suharsimi Arikunto. 1992. Pengelolaan Kelas dan Siswa.
Jakarta:Rajawali.
_______________. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:
Bina Aksara.
_______________. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina
Aksara.
Sumadi Surya Subrata. 1997. Metode Penelitian. Jakarta: Raya
Grafindo persada.
Suryobroto. 1997. Prose Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta:
Rineka Cipta.
Sutama. 2000. Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Matematika
Melalui Pembenahan Gaya Mengajar Guru di SLTP 18 Surakarta. Yogyakarta: Program
Pasca Sarjana UNY.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Rineka Cipta.
Usman dan Lilis. 1993. Upaya Optimalisasi Belajar Mengajar.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Uzer Usman. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Wingkel, WS. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Yoni Suryani. 2002. Pola Induk Pengembangan Silabus Berbasis
Kemampuan Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Zainal Arifin. 1990. Evaluasi Intruksional, Prinsip, Teknik dan
Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar