Jumat, 04 Maret 2016

KODE PTK SMA 102 = Pd 772 : Efektivitas Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri xxx Tahun Ajaran 2006/2007

KODE PTK SMA 102 = Pd 772 : Efektivitas Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri xxx Tahun Ajaran 2006/2007


ABSTRAK



Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa dengan pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri XXX tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas XI IPA 1-XI IPA 4 yang homogen. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 4. Data hasil belajar diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,24 dan rata-rata siklus I meningkat menjadi 5,38, rata-rata siklus II meningkat menjadi 6,53 dan rata-rata siklus III meningkat menjadi 7,55. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,28 point atau 28%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan tutor sebaya meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri XXX tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0,28 point atau 28%. Penerapan metode tutor sebaya memberikan manfaat bagi peningkatan pemahaman siswa dalam kualitas pembelajaran, misalnya : keberanian siswa untuk bertanya atau menyampaikan ide/pendapat meningkat, siswa terpusat pada pembelajaran, dan nilai hasil belajar meningkat.
Kata kunci: metode tutor sebaya, hasil belajar biologi siswa.



DAFTAR PUSTAKA
Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Anonim. 2004. Kurikulum 2004 Pedoman Khusus Pengembangan Silabus SMA Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Depdikbud.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gino. 1996. Belajar dan Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.
Hisyam Zaini. 2002. Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD.
Kartawijaya. 1995. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Nana Sudjana. 1996. Metode Statistika. Edisi ke 6. Bandung: Transito.
___________. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru.
Nasution. 1995. Dikdakktik Asas-asas Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.
Ngalim Purwanto. 1988. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Karya.
_______________. 1996. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurdin Ibrahim. 1998. Pemahaman Tutorial Audio Interaktif Untuk Pemerataan Kualitas Hasil Belajar (Suatu Kajian). Jurnal Pendidikan. No 44. september. Pusat Data dan Informasi Pendidikan. Balitbang. Depdiknas.
Oemar Hamalik. 1993. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
____________. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sardiman. 2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar-Mengajar. Bandung: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rajawali.
Soekartawi. 1995. Meningkatkan Efektivitas Mengajar. Jakarta: Pustaka Jaya.
Suharsimi Arikunto. 1992. Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta:Rajawali.
_______________. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
_______________. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara.
Sumadi Surya Subrata. 1997. Metode Penelitian. Jakarta: Raya Grafindo persada.
Suryobroto. 1997. Prose Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutama. 2000. Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembenahan Gaya Mengajar Guru di SLTP 18 Surakarta. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana UNY.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Usman dan Lilis. 1993. Upaya Optimalisasi Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Uzer Usman. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wingkel, WS. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Yoni Suryani. 2002. Pola Induk Pengembangan Silabus Berbasis Kemampuan Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Zainal Arifin. 1990. Evaluasi Intruksional, Prinsip, Teknik dan Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.




Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar