Kamis, 10 Maret 2016

KODE PTK SD 308 = Pd 1169 : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada IPS Dengan Menerapkan Metode Role Playing Dalam Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat Kelas IV SD XXX

KODE  PTK SD 308 = Pd 1169 : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada IPS Dengan Menerapkan Metode Role Playing Dalam Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat Kelas IV SD XXX




ABSTRAK


Berdasarkan pengamatan dapat diidentifikasi bahwa pembelajaran yang dilaksanakan di SD XXX tidak disesuaikan dengan taraf berpikir siswa padahal jika dilihat dari kemampuan yang dimiliki siswa SD kelas IV pada tahap perkembangannya yang berada pada masa berpikir operasional konkret, mereka mampu untuk diajak berpikir ke tingkat sesuatu yang nyata atau kontekstual. Jadi kemampuan berpikir siswa bukan hanya sebatas menghafal dan memahami materi pelajaran (berpikir dasar) saja. Sehingga penerapan metode role playing diharapkan dapat mengembangkan sekaligus meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa.
 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diambil dari ulangan harian dalam bentuk tes kompetensi IPS, lembar observasi dan wawancara siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan metode role playing dapat mengembangkan sekaligus meningkatkan kemampuan proses berpikir siswa. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat dari nilai tes kompetensi IPS dari siklus I  dan II yang semula nilai rata-rata kompetnsi IPS siswa sebesar 64,86 meningkat menjadi 70,27. Dari segi proses, peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai hasil tes kompetensi IPS siswa pada perkembangan setiap siklus.
Hasil analisis terhadap ulangan harian dalam bentuk tes kompetnsi IPS siswa, didapatkan hasil bahwa seluruh siswa(22) tuntas dengan rerata nilai adalah  70,27 dan 3 (tiga) siswa (13,64%) dinyatakan tuntas remidi. Dari analisis terhadap hasil observasi dan wawancara terhadap siswa, diketahui bahwa dari seluruh siswa  rerata aktivitasnya adalah baik (72,17%) dan 3 (tiga) siswa (13,64%) yang dapat berkategori baik dengan motivasi dari guru. Dengan demikian penelitian ini dikatakan berhasil sehingga hanya dilakukan dalam dua siklus.
Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan agar metode pembelajaran role playing dapat diterapkan pada konsep lain dan dapat dilaksanakan di SD lain, tetapi dengan perbaikan dalam pelaksanaan proses pembelajaran sehingga diharapkan kemampuan hasil belajar siswa bisa lebih optimal.


DAFTAR PUSTAKA



Alipandi, Imansyah. 1984. Didaktik Metodik Penelitian Umum. Surabaya: Usaha Nasional
Aprianti, Tika. 2007. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Hidrokarbon Dengan Menggunakan Model Role Playing Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 4 Pontianak. Skripsi: FKIP Untan
Arikunto, Suharsimi, 1989. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bina Aksara
Bruce Joice, Marsha Weil. 1996. Model of Teaching. Florida: Allyn and Bacon
Depdiknas. 2002. Kamus Bahasa Inggris-Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Ditjen PLP. 2003, Pembelajaran Yang Efektif. Jakarta: Balai Pustaka
Hamalik, Oemar. 1990. Perencanaan Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Citra Aitiya Bakti
http://wijayalabs.wordpress.com, diakses 2 januari 2009
Mantalia, Sri. 2007. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif Teknik Numbered Heads Together pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di Kelas XC SMA Negeri 3 Singkawang. Skripsi: FKIP Untan
Mulyasa.2003, Pembelajaran dalam KTSP. Jakarta : PT Bina Aksara
Nawawi, Hadari. 1995. Metodologi Penelitian Bidang sosial. Yogyakarta: Gajah Mada university Press
Peraturan Pemerintah No. 19. 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: PMPTK
Permendiknas No.22 Tahun 2006, Tentang Standar Isi. Jakarta: PMPTK
Prasetyo, Anang. 2001. Buletin Pelangi Pendidikan Vol 4 No. 2. Jakarta: Depdikbud
Paul Suparno.2005, Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta : Penerbit Kanisius
Sapriya .2003, Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Dikdasmen
Sukardjo .2004, Permasalahan Pembelajaran Sains. Makalah PPS. UNS IPA, Solo
Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bina Aksara
Sudjana, Nana. 2005. Dasar - Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset
Syaiful Sagala .2005, Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Tim Penyusun. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Undang-Undang No. 20. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara
Universitas Tanjungpura. 2007. Pedoman Penulisan Skripsi. Pontianak: FKIP




Untuk mendapatkan File lengkap silahkan hubunngi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar