KODE PTK SD 308 = Pd 1169 : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada IPS Dengan Menerapkan Metode Role Playing Dalam Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat Kelas IV SD XXX
ABSTRAK
Berdasarkan
pengamatan dapat diidentifikasi bahwa pembelajaran yang dilaksanakan di
SD XXX tidak disesuaikan dengan taraf berpikir siswa padahal jika
dilihat
dari kemampuan yang dimiliki siswa SD kelas IV pada tahap
perkembangannya yang
berada pada masa berpikir operasional konkret, mereka mampu untuk diajak
berpikir ke tingkat sesuatu yang nyata atau kontekstual. Jadi kemampuan
berpikir siswa bukan hanya sebatas menghafal dan memahami materi
pelajaran (berpikir
dasar) saja. Sehingga penerapan metode role
playing diharapkan dapat mengembangkan sekaligus meningkatkan kemampuan
hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diambil dari
ulangan harian dalam bentuk tes kompetensi IPS, lembar observasi dan wawancara
siswa.
Berdasarkan
hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan metode role playing dapat mengembangkan sekaligus meningkatkan kemampuan
proses berpikir siswa. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat
dari nilai tes kompetensi IPS dari siklus I
dan II yang semula nilai rata-rata kompetnsi IPS siswa sebesar 64,86 meningkat
menjadi 70,27. Dari segi proses, peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat
dari nilai hasil tes kompetensi IPS siswa pada perkembangan setiap siklus.
Hasil
analisis terhadap ulangan harian dalam bentuk tes kompetnsi IPS siswa,
didapatkan hasil bahwa seluruh siswa(22) tuntas dengan rerata nilai adalah 70,27 dan 3 (tiga) siswa (13,64%) dinyatakan
tuntas remidi. Dari analisis terhadap hasil observasi dan wawancara terhadap
siswa, diketahui bahwa dari seluruh siswa
rerata aktivitasnya adalah baik (72,17%) dan 3 (tiga) siswa (13,64%)
yang dapat berkategori baik dengan motivasi dari guru. Dengan demikian
penelitian ini dikatakan berhasil sehingga hanya dilakukan dalam dua siklus.
Berdasarkan
hasil penelitian, penulis menyarankan agar metode pembelajaran role playing dapat diterapkan pada
konsep lain dan dapat dilaksanakan di SD lain, tetapi dengan perbaikan dalam
pelaksanaan proses pembelajaran sehingga diharapkan kemampuan hasil belajar
siswa bisa lebih optimal.
DAFTAR PUSTAKA
Alipandi,
Imansyah. 1984. Didaktik Metodik Penelitian Umum. Surabaya: Usaha Nasional
Aprianti,
Tika. 2007. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Hidrokarbon Dengan
Menggunakan Model Role Playing Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 4 Pontianak.
Skripsi: FKIP Untan
Arikunto,
Suharsimi, 1989. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta:
Bina Aksara
Bruce Joice, Marsha Weil. 1996. Model
of Teaching. Florida:
Allyn and Bacon
Depdiknas. 2002. Kamus
Bahasa Inggris-Indonesia, Jakarta:
Balai Pustaka
Ditjen PLP. 2003, Pembelajaran Yang Efektif. Jakarta:
Balai Pustaka
Hamalik,
Oemar. 1990. Perencanaan Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Citra Aitiya Bakti
http://wijayalabs.wordpress.com,
diakses 2 januari 2009
http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_Pengetahuan_Sosial:10
Oktober 2009
Mantalia,
Sri. 2007. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif Teknik
Numbered Heads Together pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di Kelas XC SMA Negeri
3 Singkawang. Skripsi: FKIP Untan
Mulyasa.2003,
Pembelajaran
dalam KTSP. Jakarta : PT Bina Aksara
Nawawi,
Hadari. 1995. Metodologi Penelitian Bidang sosial. Yogyakarta:
Gajah Mada university Press
Peraturan
Pemerintah No. 19. 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Jakarta: PMPTK
Permendiknas
No.22 Tahun 2006, Tentang Standar Isi. Jakarta:
PMPTK
Prasetyo,
Anang. 2001. Buletin Pelangi Pendidikan Vol 4 No. 2. Jakarta: Depdikbud
Paul Suparno.2005, Filsafat
Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta : Penerbit Kanisius
Sapriya .2003, Kurikulum
Berbasis Kompetensi. Jakarta : Dikdasmen
Sukardjo .2004, Permasalahan
Pembelajaran Sains. Makalah PPS. UNS IPA, Solo
Slameto. 1988. Evaluasi
Pendidikan. Jakarta:
PT. Bina Aksara
Sudjana,
Nana. 2005. Dasar - Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset
Syaiful Sagala .2005, Konsep
dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Tim Penyusun. 1991. Kamus
Besar Bahasa Indonesia.
Jakarta: Balai
Pustaka
Undang-Undang
No. 20. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung:
Citra Umbara
Universitas Tanjungpura. 2007. Pedoman
Penulisan Skripsi. Pontianak:
FKIP
Untuk mendapatkan File lengkap silahkan hubunngi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar