Senin, 30 Mei 2016

KODE PTK SMP 209 = Pd 820 : Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Student Facilitator And Explaining Pada Siswa SMP Negeri XXX Tahun Ajaran 2011/2012 (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP Negeri XXX Tahun Ajaran 2011/2012)

KODE PTK SMP 209 = Pd 820 : Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Student Facilitator And Explaining Pada Siswa SMP Negeri XXX Tahun Ajaran 2011/2012 (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP Negeri XXX Tahun Ajaran 2011/2012)


ABSTRAK



Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan peningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Student Facilitator and Explaining. Jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas VII A, yang dilaksanakan dalam 2 putaran. Subyek penelitian ini adalah guru kelas VII A SMP Negeri xxx sebagai pemberi tindakan, serta siswa kelas VIIA yang berjumlah 30 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dengan deskriptif kualitatif memakai metode alur yang terdiri dari: 1) reduksi data; 2) penyajian data; 3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika Hal ini dapat dilihat dari motivasi siswa dalam 1) Antusiasme siswa dalam menjawab dan mengajukan pertanyaan sebelum melakukan tindakan 26,7% putaran 1 meningkat 36,7%, putaran 2 meningkat menjadi 66,7%; 2) Antusisme siswa dalam mengemukakan pendapat/ide sebelum melakukan tindakan 6,7% pertemuan 1 meningkat menjadi 30%, pertemuan 2 meningkat menjadi 50% dan 3) Antusiasme siswa dalam mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan  10%, pertemuan 1 meningkat menjadi 50%, pertemuan 2 meningkat menjadi 76,7%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika.
Kata kunci: motivasi belajar, Student Facilitator and Explaining.






DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2001. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwoto. 1999. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Surakarta: UNS Press.
Moleong, Lexy. 1990. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nuharini, Dewi. 2008. Matematika Kelas VII untuk SMP dan MTS: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Purwanto, Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sari, Diah Rosi Kartika. 2006. ”Peningkatan Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Montessori”. Surakarta: Skripsi FKIP-UMS (Tidak Dipublikasikan)
Yhosinta, Fitri. 2010. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Luas Dan Keliling Persegi dan Persegi Panjang Melalui Pendekatan Student Facilitator And Explaining”. Surakarta: Skripsi FKIP-UMS (Tidak Dipublikasikan)
Sugiono. 2005. Metode Pembelajaran Administrasi. Bandung: Alfa Beta
_______. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfa Beta
Surapranata, Sumarna. 2004. Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung: Remaja Rosdakarya
Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
_______________. 2006. Teori Motivasi & Pengukurannya, Analisis Dibidang Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara
Wiriaatmadja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Yamin, Martinis. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Miles, B. M dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : UI-Press
Jumali, M., Surtikanti, Taurat Aly dan Sundari. 2004. Landasan Pendidikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta Press.
http://www.google.co.id/search?client=firefoxpembelajaranpendek
atan Student Facilitator and Explaining.Diakses tanggal 16 Februari 2012



Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar