Sabtu, 21 Mei 2016

KODE PTK SMP 204 : Penerapan Strategi Pembelajaran Small Group Discussion Kolaborasi Crosword Puzzle Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri XXX Tahun 2011

KODE PTK SMP 204 : Penerapan Strategi Pembelajaran Small Group Discussion Kolaborasi Crosword Puzzle Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri XXX Tahun 2011


ABSTRAK



Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi kemerdekaan mengemukakan pendapat pada siswa kelas VII B SMP XXX tahun 2011  melalui penggunaan metode small group disscussion kolaborasi crossword puzzle. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompok. Akan tetapi penerapan metode tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan oleh penelitian adalah dengan menggunakan metode pembelajaran small group disscussion kolaborasi crossword puzzle. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran small group disscussion kolaborasi crossword puzzle. keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi kemerdekaan mengemukakan pendapat pada siswa kelas VII B SMP XXX Tahun 2011 dapat meningkat minimal 75% dari 28 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi kemerdekaan mengemukakan pendapat pada kelas VII A SMP XXX yaitu dari yang aktif bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menggunakan strategi pembelajaran small group disscussion kolaborasi crossword puzzle siswa yang aktif materi perlindungan dan penegakan hak asasi manusia sebanyak 8 siswa atau 28,6%. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan strategi pembelajaran small group disscussion kolaborasi crossword puzzle, siklus I meningkat menjadi 15 siswa atau 53,6% dan siklus II meningkat menjadi 20 siswa atau 71,5%. Hasil penelitian ini telah melampaui indikator kinerja. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga dari penggunaan metode card sort kolaborasi small group discussion, dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi kemerdekaan mengemukakan pendapat Pada Siswa Kelas VII B SMP XXX Karanganyar  Tahun 2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Kata Kunci: Strategi pembelajaran, Small group disscussion kolaborasi crossword puzzle,    Keaktifan, Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat.



DAFTAR PUSTAKA


Arikunto, Suharsimi. 2006a. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2006b. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Akasara.
Aqib. Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Bakry, Noor MS. 2009. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar bahasa Indonesia Ed. 3. Jakarta: Balai Pustaka.
Jannah, Atika Nur. 2008. Pengaruh Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 1 Mojotengah Wonosobo tahun Ajaran 2007/2008 [Abstract]. Skripsi S-1. Surakarta: UniversitasMuhammadiyahSurakarta.http://etd.eprints.ums.ac.id/181/. Diakses 27 April 2010.
Irenewati, Terry. 2007. Optimalisasi Penerapan Metode Small Group Discussion dalam Pembelajaran Mata Kulian Sejarah Australia dan Oceania di Program Studi Pendidikan Sejarah. (Penelitian). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNY. (http://www.google.com) diakses Minggu, 18 April 2011 pukul 21.40).
Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
UU. RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Kansil, C.S.T. 1989. Pengantar Ilmu Hukum Dan Tata Hukum Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Nasution, Irwan dan Syafaruddin. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching.
Patilima, Hamid. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Priyanto, Sugeng et al. 2008. Contextual Teaching and Learning Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SMP Kelas VII Edisi 4. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Rioseptiadi.http://www.scribd.com/doc/23510106/makala-kewarganegaraan?secretpassword=&autodown=docx. Diakses 28 Maret 2010 pukul 16.29 Wib.
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Zaini, Hisyam et al. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.




Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi / sms ke HP 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar