KODE PTK SMP 202 : Pelaksanaan Program Pengayaan Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Sebagai Upaya Pencapaian Hasil Belajar Yang Optimal Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Kelas IX Program Khusus Semester Gasal MTs N XXX Tahun Ajaran 2009/2010
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Guru merupakan komponen pendidikan yang paling banyak
ambil bagian dalam pengelolaan kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan
pengelolaan kegiatan belajar mengajar guru dituntut berbagai bentuk kemampuan,
yang meliputi kemampuan merencanakan, melaksanakan dan menilai proses dan hasil
belajar. Dengan perencanaan yang matang akan memperlancar dalam pelaksanaan dan
pencapaian tujuan yang tepat dan memperoleh hasil penilaian yang mantap dan
akurat.
Dari hasil penilaian, guru masih harus dituntut lagi
untuk menindaklanjuti hasil penilaian. Baik siswa yang memperoleh nilai tinggi,
maupun yang rendah semuanya haruslah ditindaklanjuti agar dapat mencapai hasil
belajar yang lebih optimal. Siswa-siswa yang memperoleh nilai tinggi, dalam
arti mereka dalam belajar mengalami laju belajar yang cepat. Sedangkan yang
nilainya rendah, jelas bahwa mereka mengalami kesulitan belajar.
Siswa yang laju belajarnya cepat dan siswa yang
mengalami kesulitan belajar semuanya harus diberikan tindakan lanjutan.
Tindakan bagi siswa yang laju belajarnya lebih cepat diberikan tindakan
pengayaan, dan siswa yang mengalami kesulitan belajar diberikan tindakan
remedial. Kedua tindakan diatas meskipun arahnya sama namun tujuannya berbeda.
Pengayaan bertujuan untuk memberikan perluasan wawasan bagi siswa untuk menguasai
lebih banyak materi yang pernah dipelajari. Sedangkan remedial bertujuan untuk
pengulangan terhadap materi yang pernah diberikan tapi belum dikuasai.
Tindakan pengayaan maupun remedial semuanya
dilaksanakan diluar jam pelajaran yang telah ditetapkan dalam GBPP, dan
tugas-tugas yang diberikan haruslah ada sangkut pautnya dengan materi yang
pernah dipelajari. Dalam pelaksanaan pengayaan, tugas yang diberikan merupakan
tugas yang memerlukan pemikiran lebih mendalam, memerlukan analisis serta
pengamatan yang cermat, sehingga hasilnya yang diperoleh merupakan pengetahuan
yang lebih lengkap dari pada siswa yang mengikuti program remedial.
Berdasarkan hasil observasi penulis terhadap hasil
rata-rata tes formatif dalam pembelajaran pokok bahasan bahasa inggris kelas IX
program khusus semester gasal MTsN XXX tahun ajaran
2010-2011, menunjukkan kecenderungan tercapainya ketuntasan belajar. Hal
tersebut terlihat dari tidak adanya siswa yang memperoleh nilai 7 ke bawah atau
lebih kecil dari nilai 7.
Hasil penilaian formatif yang aria kecenderungan
mencapai ketuntasan belajar tersebut perlu ditindaklanjuti agar prestasi
belajar yang dicapai optimal.
Oleh karena itu, penulis merasa tertarik untuk
memberikan tindakan pengayaan menggunakan metode pemberian tugas. Dengan
tindakan pengayaan yang menggunakan metode pemberian tugas diharapkan siswa
dapat mencapai prestasi belajar yang optimal dalam pembelajaran bahasa inggris
di kelas IX program khusus semester gasal MTsN XXX
tahun ajaran 2006-2007.
B.
Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, maka
masalah-masalah yang ada dapat di identifikasikan sebagai berikut:
1.
Hasil tes formatif mata pelajaran bahasa inggris
di kelas IX program khusus semester gasal MTsN XXX
tahun ajaran 2006-2007 menunjukkan tercapainya ketuntasan belajar.
2.
Hasil tes formatif yang telah dicapai siswa
tersebut perlu ditindaklanjuti, agar prestasi belajar siswa lebih optimal.
3.
Tindaklanjut yang tepat untuk mengatasi hasil
belajar diatas adalah dengan mengadakan tindakan pengayaan.
4.
Tindakan pengayaan yang lebih tepat dan efektif
untuk meningkatkan hasil belajar yang optimal adalah tindakan pengayaan dengan
menggunakan metode pemberian tugas.
5.
Tindakan pengayaan dengan menggunakan metode
pemberian tugas diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa inggris
di kelas IX program khusus semester Gasal MTsN XXX
tahun ajaran 2009-2010 secara optimal.
C.
Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, dan identifikasi
masalah, maka disini masalahnya dapat dirumuskan sebagai berikut :
Dengan tindakan pengayaan dengan menggunakan metode
pemberian tugas diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran
bahasa inggris di kelas IX program khusus semester gasal MTsN XXX tahun ajaran 2009-2010 secara optimal.
D.
Pembatasan Masalah
Untuk mengindari terjadinva kesulitan dalam
menyimpulkan hasil penelitian dan juga menghindari terjadinya salah pengertian
dalam memahami hasil penelitian, maka dalam penelitian ini masalahnya hanya dibatasi
pada:
1.
Tindakan pengayaan pelajaran bahasa inggris di
kelas IX program khusus semester gasal MTsN XXX
tahun ajaran 2009-2010.
2.
Metode pemberian tugas adalah strategi
pembelajaran bahasa Inggris yang dilakukan guru dengan cara memberikan tugas
yang ada hubungannya dengan mata pelajaran yang bersangkutan.
E.
Tujuan penelitian.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk
mengetahui sejauhmana efektifitas program pengayaan dengan menggunakan metode
pemberian tugas dalam pembelajaran hahasa inggris di kelas IX program khusus semester
gasal MTsN XXX tahun ajaran 2009-2010.
F.
Kegunaan Penebtian.
Apabila penelitian ini dapat diselesaikan, diharapkan
hasilnya dapat berguna bagi
1.
Guru.
Guru bahasa Inggris dapat memanfaatkan program pengayaan
dengan menggunakan metode pemberian tugas, sebagai alternatif untuk
meningkatkan basil belajar secara optimal.
2.
Siswa.
Siswa dapat menyadari tentang arti pentingnya program
pengayaan dengan menggunakan metode pemberian tugas dalam meningkatkan prestasi
belajar siswa secara optimal.
3.
Peneliti lain.
Agar peneliti lain termotivasi untuk cenderung mengadakan
penelitian sejenis terhadap program pengayaan mata pelajaran yang lain.
DAFTAR PUSTAKA
Depdikbud.
1994. Kurikulum Pendidikan Dasar, Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar
Mengajar : Ditjen Dikdasmen, Dir. PEndidikan Dasar. Jakarta.
Djagi, Tarigan
Dkk. 1999. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah :
Universitas Terbuka. Jakarta.
H.J Gino. 1990.
Perencanaan Program Pengajaran dan
Sumber Belajar : Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta.
Handari Nawawi.
1983. Metodologi Penelitian Bidang Sosial : Yogyakarta University Press.
Yogyakarta.
I.I Pasaribu dan B. Simanjuntak.1982. Proses Belajar Mengajar : PT. Tarsito. Bandung.
Ischak dan
Warji. 1987. Program Remidial
dalam Proses Belajar Mengajar :
Liberty. Yogyakarta.
Muhammad
Ali. 1986. Guru dan Proses Belajar
Mengajar : Rosdakarya. Bandung.
Suharno.
1989. Interaksi Belajar Mengajar. Universitas Sebelas Maretv Surakarta.
Sutrisno
Hadi.1990. Metodologi Riset : UGM. Yogyakarta.
Sugiyanto.
1987. Metodologi penelitian : universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Suharsimi
Arikunto. 1986. Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan : Bumi Aksara.
Jakarta.
Suharsimi
Arikunto. 1989. Prosedur
Penelitian : Bina Aksara. Jakarta.
W.S.
Winkel. 1991. Psikologi Pengajaran
: PT Grasindo. Jakarta.
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar