Selasa, 17 Mei 2016

KODE PTK SMP 202 : Pelaksanaan Program Pengayaan Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Sebagai Upaya Pencapaian Hasil Belajar Yang Optimal Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Kelas IX Program Khusus Semester Gasal MTs N XXX Tahun Ajaran 2009/2010

KODE PTK SMP 202 : Pelaksanaan Program Pengayaan Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Sebagai Upaya Pencapaian Hasil Belajar Yang Optimal Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Kelas IX Program Khusus Semester Gasal MTs N XXX Tahun Ajaran 2009/2010




BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Guru merupakan komponen pendidikan yang paling banyak ambil bagian dalam pengelolaan kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan pengelolaan kegiatan belajar mengajar guru dituntut berbagai bentuk kemampuan, yang meliputi kemampuan merencanakan, melaksanakan dan menilai proses dan hasil belajar. Dengan perencanaan yang matang akan memperlancar dalam pelaksanaan dan pencapaian tujuan yang tepat dan memperoleh hasil penilaian yang mantap dan akurat.
Dari hasil penilaian, guru masih harus dituntut lagi untuk menindaklanjuti hasil penilaian. Baik siswa yang memperoleh nilai tinggi, maupun yang rendah semuanya haruslah ditindaklanjuti agar dapat mencapai hasil belajar yang lebih optimal. Siswa-siswa yang memperoleh nilai tinggi, dalam arti mereka dalam belajar mengalami laju belajar yang cepat. Sedangkan yang nilainya rendah, jelas bahwa mereka mengalami kesulitan belajar.
Siswa yang laju belajarnya cepat dan siswa yang mengalami kesulitan belajar semuanya harus diberikan tindakan lanjutan. Tindakan bagi siswa yang laju belajarnya lebih cepat diberikan tindakan pengayaan, dan siswa yang mengalami kesulitan belajar diberikan tindakan remedial. Kedua tindakan diatas meskipun arahnya sama namun tujuannya berbeda. Pengayaan bertujuan untuk memberikan perluasan wawasan bagi siswa untuk menguasai lebih banyak materi yang pernah dipelajari. Sedangkan remedial bertujuan untuk pengulangan terhadap materi yang pernah diberikan tapi belum dikuasai.
Tindakan pengayaan maupun remedial semuanya dilaksanakan diluar jam pelajaran yang telah ditetapkan dalam GBPP, dan tugas-tugas yang diberikan haruslah ada sangkut pautnya dengan materi yang pernah dipelajari. Dalam pelaksanaan pengayaan, tugas yang diberikan merupakan tugas yang memerlukan pemikiran lebih mendalam, memerlukan analisis serta pengamatan yang cermat, sehingga hasilnya yang diperoleh merupakan pengetahuan yang lebih lengkap dari pada siswa yang mengikuti program remedial.
Berdasarkan hasil observasi penulis terhadap hasil rata-rata tes formatif dalam pembelajaran pokok bahasan bahasa inggris kelas IX program khusus semester gasal MTsN XXX tahun ajaran 2010-2011, menunjukkan kecenderungan tercapainya ketuntasan belajar. Hal tersebut terlihat dari tidak adanya siswa yang memperoleh nilai 7 ke bawah atau lebih kecil dari nilai 7.
Hasil penilaian formatif yang aria kecenderungan mencapai ketuntasan belajar tersebut perlu ditindaklanjuti agar prestasi belajar yang dicapai optimal.
Oleh karena itu, penulis merasa tertarik untuk memberikan tindakan pengayaan menggunakan metode pemberian tugas. Dengan tindakan pengayaan yang menggunakan metode pemberian tugas diharapkan siswa dapat mencapai prestasi belajar yang optimal dalam pembelajaran bahasa inggris di kelas IX program khusus semester gasal MTsN XXX tahun ajaran 2006-2007.
B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, maka masalah-masalah yang ada dapat di identifikasikan sebagai berikut:
1.      Hasil tes formatif mata pelajaran bahasa inggris di kelas IX program khusus semester gasal MTsN XXX tahun ajaran 2006-2007 menunjukkan tercapainya ketuntasan belajar.
2.      Hasil tes formatif yang telah dicapai siswa tersebut perlu ditindaklanjuti, agar prestasi belajar siswa lebih optimal.
3.      Tindaklanjut yang tepat untuk mengatasi hasil belajar diatas adalah dengan mengadakan tindakan pengayaan.
4.      Tindakan pengayaan yang lebih tepat dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar yang optimal adalah tindakan pengayaan dengan menggunakan metode pemberian tugas.
5.      Tindakan pengayaan dengan menggunakan metode pemberian tugas diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa inggris di kelas IX program khusus semester Gasal MTsN XXX tahun ajaran 2009-­2010 secara optimal.
C.    Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, dan identifikasi masalah, maka disini masalahnya dapat dirumuskan sebagai berikut :
Dengan tindakan pengayaan dengan menggunakan metode pemberian tugas diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran bahasa inggris di kelas IX program khusus semester gasal MTsN XXX tahun ajaran 2009-2010 secara optimal.
D.    Pembatasan Masalah
Untuk mengindari terjadinva kesulitan dalam menyimpulkan hasil penelitian dan juga menghindari terjadinya salah pengertian dalam memahami hasil penelitian, maka dalam penelitian ini masalahnya hanya dibatasi pada:
1.      Tindakan pengayaan pelajaran bahasa inggris di kelas IX program khusus semester gasal MTsN XXX tahun ajaran 2009-2010.
2.      Metode pemberian tugas adalah strategi pembelajaran bahasa Inggris yang dilakukan guru dengan cara memberikan tugas yang ada hubungannya dengan mata pelajaran yang bersangkutan.
E.     Tujuan penelitian.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauhmana efektifitas program pengayaan dengan menggunakan metode pemberian tugas dalam pembelajaran hahasa inggris di kelas IX program khusus semester gasal MTsN XXX tahun ajaran 2009-2010.         
F.     Kegunaan Penebtian.
Apabila penelitian ini dapat diselesaikan, diharapkan hasilnya dapat berguna bagi
1.      Guru.
Guru bahasa Inggris dapat memanfaatkan program pengayaan dengan menggunakan metode pemberian tugas, sebagai alternatif untuk meningkatkan basil belajar secara optimal.
2.      Siswa.
Siswa dapat menyadari tentang arti pentingnya program pengayaan dengan menggunakan metode pemberian tugas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa secara optimal.
3.      Peneliti lain.
Agar peneliti lain termotivasi untuk cenderung mengadakan penelitian sejenis terhadap program pengayaan mata pelajaran yang lain.



DAFTAR PUSTAKA



Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar, Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar : Ditjen Dikdasmen, Dir. PEndidikan Dasar. Jakarta.
Djagi, Tarigan Dkk. 1999. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah : Universitas Terbuka. Jakarta.
H.J Gino. 1990.  Perencanaan Program Pengajaran dan Sumber Belajar : Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta.
Handari Nawawi. 1983. Metodologi Penelitian Bidang Sosial : Yogyakarta University Press. Yogyakarta.
I.I Pasaribu dan B. Simanjuntak.1982. Proses Belajar Mengajar : PT. Tarsito. Bandung.
Ischak dan Warji. 1987. Program Remidial dalam Proses Belajar Mengajar : Liberty. Yogyakarta.
Muhammad Ali. 1986. Guru dan Proses Belajar Mengajar : Rosdakarya. Bandung.
Suharno. 1989. Interaksi Belajar Mengajar. Universitas Sebelas Maretv Surakarta.
Sutrisno Hadi.1990. Metodologi Riset : UGM. Yogyakarta.
Sugiyanto. 1987. Metodologi penelitian : universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Suharsimi Arikunto. 1986. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan : Bumi Aksara. Jakarta.
Suharsimi Arikunto. 1989. Prosedur Penelitian : Bina Aksara. Jakarta.
W.S. Winkel. 1991. Psikologi Pengajaran : PT Grasindo. Jakarta.



Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar