Jumat, 26 Agustus 2016

KODE PTK SMA 107 = Pd 842 : Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-soal Jurnal Penyesuaian Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif Dengan Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas X Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan XXX Tahun Ajaran 2011/2012

KODE PTK SMA 107 = Pd 842 : Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-soal Jurnal Penyesuaian Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif Dengan Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas X Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan XXX Tahun Ajaran 2011/2012

ABSTRAK


Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan materi jurnal penyesuaian, 2) Untuk mengetahui pemahaman siswa tentang materi jurnal penyesuaian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindak kelas. Upaya pemecahan asalah dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan langkah – langkah sebagai berikut : (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskripsi kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan jurnal penyesuaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan didapat hasil belajar siswa yang dinyatakan tuntas sebesar 27,9 % atau 12 siswa dan yang dinyatakan belum tuntas sebesar 72,1 % atau 31 siswa, pada siklus I meningkat yang dinyatakan tuntas sebesar 51,2 % atau 22 siswa dan 48,8 % attar 21 siswa dinyatakan belum tuntas, dan pada siklus II juga meningkat menjadi 79,1 % atau 34 siswa dinyatakan tuntas dan 20,9 % atau 9 siswa dinyatakan belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 34 siswa atau 79,1 %.

Kata kunci : Metode pembelajaran tutor sebaya meningkatkan hasil belajar siswa.


DAFTAR PUSTAKA


Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media.
Darsono, Max dkk. 2000. Pelajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang Pers.
Djamarah, Syaiful Bahri dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Grafik.
Kusuma, Arie Yuliska. 2011. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan model Pembelajaran Jigsaw Dan Tutor Sebaya Ditinjau Dari Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Persegi Dan Persegi Panjang ( Pada siswa Kelas VII SMP Al- Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011).UMS.
Mudjiono, Dimyati. 2006. Belajar Dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Priyogo, Adi. 2011. Penerapan Strategi Pembelajaran Active Learning Dengan Pendekatan Tutor Sebaya Berdasarkan Hasil UASBN Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika siswa ( PTK Pembelajaran Matematika Dikelas VI SDN Banaran 02 Grogol Sukoharjo). Skripsi thesisi. UMS
Silberman, Mel. 2009. Active Learning. Yogyakarta: Pustaka Insani Madani.
Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Uno, Hamzah,B. 2007. Model Pembelajaran ( Menciptakan Proses Belajar- Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif ). Jakarta: Bumi Aksara.




Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke 

 HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar