Senin, 29 Agustus 2016

KODE PTK SMP 234 = Pd 999 PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA KELAS VIII SMP XXX TAHUN AJARAN 2012/2013


KODE PTK SMP 234 = Pd 999 PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA KELAS VIII SMP XXX TAHUN AJARAN 2012/2013







ABSTRAK
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT
SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM
PROSES PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA
KELAS VIII C SMP NEGERI 1 SAMBI
TAHUN AJARAN 2012/2013
Asih Tri Setyawati A 210090015, Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013, 67
Halaman

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas Ini adalah dengan penerapan strategi pembelajaran Cooperative Script untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran IPS Terpadu.
Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII.C SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 siswa dan subjek pelaksana adalah peneliti. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dengan model interaktif yang terdiri 3 kegiatan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan. Prosedur dalam Penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dimana tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan keaktifan dalam pembelajaran IPS siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan diperoleh rata – rata tingkat keaktifan sebesar 25%. Pada siklus I tingkat rata – rata keaktifan siswa meningkat menjadi 49,48%. Pada siklus II tingkat rata – rata keaktifan siswa meningkat menjadi 88,03%. Hal ini berarti peningkatan keaktifan siswa melebihi indikator pencapaian yakni 85%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIII.C SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2012/2013.
Kata kunci: Strategi Pembelajaran Cooperative Script, Keaktifan, Pembelajaran IPS Terpadu. 


untuk mendapatkan file lengkap bisa menghubungi/sms Hp. 089 647 540 116

0 komentar:

Posting Komentar